Pematangsiantar Gelar Pelatihan Aplikasi Pembukuan UPK

Koordinator Kota (Koorkot) 1 Medan, Labuhan Batu, Tebing Tinggi, Pematangsiantar dan Simalungun Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) KMW 1 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Pembukuan Unit Pengelola Keuangan (UPK) Sistem Konvensional dan Syariah Cluster Pematangsiantar-Simalungun di Restaurant Internasional Kota Pematangsiantar, pada 19-22 Juli 2017. Pelatihan ini dititikberatkan sebagai proses transfer pemahaman sekaligus penyadaran pentingnya pendampingan UPK kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Hal tersebut disampaikan Ketua panitia kegiatan Demson Manurung di hadapan sekitar 138 orang peserta dari 52 kelurahan se-Kota Pematangsiantar dan 17 Nagori se-Kabupaten Simalungun. “Diharapkan nantinya peserta paham konsep dan mekanisme penggunaan aplikasi UPK sistem konvesional dan syariah,” ujarnya.

Pernyataan itu diperkuat oleh Tenaga Ahli PPMK KOTAKU OC/KMW 1 Sumut Agus Vuttawan yang mengatakan, tujuan dilaksakan pelatihan ini adalah untuk membangun keterampilan peserta dalam penggunaan aplikasi sistem konvensional dan syariah . “Mengingat UPK Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) juga bagian penting dalam pencapain target 100-0-100 dan keberlajutan program KOTAKU maka perlu kiranya diterapkan aplikasi pembukuan di UPK,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Satker PPK Kota Pematangsiantar Edward Manihuruk. Ia berharap pelatihan Aplikasi Pembukuan UPK ini dapat bermanfaat bagi para pengurus UPK di masing-masing kelurahan dalam melakukan pembukuan dengan sistem aplikasi. “Untuk itu peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan baik hingga selesai,” ujar dia.

Narasumber dalam pelatihan ini, antara lain, Tenaga Ahli IC KOTAKU Sumut AO Iswardi, Askot MK Dedi Iskandar dan Asmandat Koorkot 1 Priawansyah. Tampak hadir dalam acara seluruh personel Konsultan Koorkot 1 Pematangsiantar-Simalungun termasuk  Askot Mandiri Kota Pematangsiantar Herbin Sitohang, Askot IC Kabupaten Simalungun Laksamana Za, SF dan Faskel. Horas, horas, horas! [Sumut]