Dubes Amerika Serikat Laksanakan Peletakan batu pertama pembangunan sarana air minum, sanitasi,dan Rumah Tidak Layak Huni dan Penandatanganan MOU antara Pemko Medan dan USAID IUWASH PLUS

Dubes Amerika Serikat Laksanakan Peletakan batu pertama pembangunan sarana air minum, sanitasi,dan Rumah Tidak Layak Huni dan Penandatanganan MOU antara Pemko Medan dan USAID IUWASH PLUS

 

Medan,5 Juli 2017

Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dalam mejalankan programnya dituntut melakukan kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka penanganan kumuh melalui peningkatan kualitas permukiman dan pencegahan kumuh, pada kesempatan kali ini para pelaku Program KOTAKU melakukan integrasi antara program sanitasi, Air Minum dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan kerjasama antara Pemerintah Kota Medan dengan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan Program fasilitasi USAID IUWASH PLUS.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr melakukan Peletakan batu pertama pembangunan sarana air minum, sanitasi, dan rumah tidak layak huni di  rumah salah seorang warga di lingkungan V kelurahan Kedai Durian Kec.Medan Johor Kota Medan pada 5 Juli 2017 pkl 09.00 Wib selepas coffee morning di hotel JW marriot  Jalan Putri Hijau Medan pkl 08.00 Wib yang diikuti oleh Bapak Joseph R Donovan selaku Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di dampingi istri Mrs Mei Chou,Konsul Amerika di Medan Mr Juha Salin,Pimpinan USAID Mathew Burton,Ketua USAID IUWASH Plus Louis O Brein,, PLT SEKDA Provinsi Sumatera Utara Bapak Ibnu Utomo,Walikota Medan Bapak Drs. H.T Zulmi Eldin S, M.Si, Wakil Walikota Medan Bapak Ir. Akhyar Nasution, M.Si, Direktur PDAM Tirtanadi Sumut, Kepala Bappeda Medan, Kepala Dinas PKP2R, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Kepala Satker PKP Provinsi Sumatera Utara, Team Leader KOTAKU KMW OC 1 Sumut dan TA Capacity Building KMW Provinsi Sumatera Utara.

Dubes beserta rombongan langsung disambut dengan tarian dan nyanyian selamat datang dari anak-anak sekolah dasar (SD) sambil mengibarkan bendera Indonesia dan Amerika Serikat,

Dilanjutkan dengan sambutan Walikota Medan, beliau  menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya acara tersebut, sekaligus menagajak seluruh komponen masyarakat Kota Medan untuk turut berpartisipasi mendukung kegiatan untuk kesehatan bangsa dan  kemajuan bersama serta kesejahteraan masyarakat kita tandasnya.

Seterusnya sambutan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia/Josept Donovan, apresiasi atas kerjasama yang terbangun di Indonesia khususnya di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan USAID IUWASH PLUS menggandeng berbagai pihak, diantaranya instansi pemerintah dan donor, pihak swasta, LSM, Kelompok masyarakat dan mitra lainnya untuk mencapai ekosistem sektor air minum, sanitasi dan prilaku higiene.

Ditambahkan, bahwa jaringan USAID IUWASH PLUS telah tersebar di pelosok tanah air, yang akan bekerjasama dengan 31 Pemerintah Daerah di Indonesia yang tersebar di Provinsi Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara hingga Papua, dan mengakhiri dengan menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang terjalin ini, katanya mengahiri. Selanjutnya melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan sarana air minum,sanitasi dan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Adapun kerjasama yang disepakati antara Pemko Medan dengan USAID IUWASH PLUS antara lain : Pemenuhan Kebutuhan Air Minum, Sanitasi Layak dan Rehab Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di wilayah sasaran penanganan kumuh Kota Medan. Juga melakukan sosialisasi perubahan perilaku hidup sehat secara berkelanjutan.