Semangat Bermitra LKM Sentosa Bersinar

Mekar Sentosa adalah salah satu Kelurahan di Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara. Beraneka ragam mata pencaharian yang ada di Kelurahan ini; pertanian, wiraswasta, ibu rumah tangga dan pembantu rumah tangga, tetapi mayoritas penduduk Kelurahan adalah wiraswasta yang mengandalkan keahlian sebagai mata pencaharian utama warganya.

Sebagian besar masyarakat Kelurahan Mekar Sentosa menggantunggkan kehidupannya dari pengolahan dan hasil pertanian. Sementara itu mayoritas kaum ibunya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, yang hanya mengandalkan para suami untuk mencari nafkah agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebagian  kaum ibu di Kelurahan Mekar Sentosa ini ingin sekali membantu meningkatkan perekonomian rumah tangganya agar bisa meningkatkan taraf hidup keluarga dengan cara mengadakan kegiatan positif yang bermanfaat untuk diri sendiri, maupun masyarakat sekitarnya.

Warga Kelurahan Mekar Sentosa antusias ketika Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), yang kala itu dimotori Oleh Bapak Ibu pengurus LKM Sentosa Bersinar mulai melakukan channelling atau pun kemitraan dengan Pihak Swasta dan Dinas sosial khususnya. Proses pelaksanaan channelling dan kemitraan ini dimulai dari tahapan lobby dan negosiasi hingga smpai pada tahap kesepakatan atau MOU. Selanjutnya dilaksanakanlah kegiatan pelatihan menjahit dan bordir untuk kamu ibu yang memiliki minat dan bakat dalam hal menjahit dan bordir dan masuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kelurahan Mekar Sentosa.

Warga bersama Lurah dan LKM dan perwakilan peserta mengadakan rembuk penyepakatan lokasi kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan. Mereka sepakat bahwa kegiatan akan dilaksanakan dirumah salah satu warga yang memiliki ruangan yang cukup menampung peserta pelatihan.

Kegiatan awal yang dilakukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mutiara ini disambut baik dan antusias oleh warga masyarakat. “Kami sangat senang ada kegiatan pelatihan ini, mana tau bisa jadi penjahit, lumayan upahnya bisa buat tambah-tambah pendapatan keluarga” ujar Ibu Laksmi salah satu peserta pelatihan.

Tahap demi tahap kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan tetap dimonitoring oleh Lurah, LKM, Tim Faskel dan Perwakilan dari Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh KSM ini mulai kelihatan menunjukkan hasilnya sungguh indah dan cantik hasil jahitan dan bordir dari ibu-ibu tersebut, apalagi berbagai seni dan kreasi bordir yang dibuat untuk mempercantik produk yang dihasilkan