LKM HIDAYAH GULIRKAN PINJAMAN KEPADA KSM BAROKAH DAN KSM MELATI DI KELURAHAN SUKARAMAI

Penulis                      : Agus Setiawan, UPL

OC dan Alamat         : KMW 1, Kelurahan Sukaramai Kec. Binjai Barat Kota Binjai

 

Sukaramai, Binjai Barat

Salah satu Kelurahan yang melakukan kegiatan ekonomi bergulir melalui dana REGULER dari Enam Kelurahan di kecamatan Binjai Barat adalah Kelurahan SUKARAMAI , Kelurahan tersebut telah menerima dana REGULER sejak tahun 2009, dan hasilnya adalah Kelurahan tersebut berhak menerima dana PPMK, dan dana tersebut dijalankan dengan  baik demi kemajuan perekonomian masyarakat Kelurahan SUKARAMAI.

LKM HIDAYAH Kelurahan Sukaramai merupakan Kelurahan penerima dana REGULER Sejak Tahun 2009, dan melakukan kegiata ekonomi bergulir yang bersumber dari dana REGULER tersebut pada bulan Desember tahun 2009, pada perguliran pertama LKM HIDAYAH melakukan perguliran kepada 3 KSM yang sudah mengajukan pinjaman dan telah diverifikasi.

Pak Legiman selaku koordinator LKM HIDAYAH menjelaskan bahwa sekali lagi saya memberikan apresiasi yang besar kepada KSM yang telah lancar membayar pinjamannya, sehingga keluarga besar LKM Hidayah dapat menggulirkan kembali kepada warga yang membutuhkan. Dari limit waktu yang ditentukan LKM kepada KSM awalnya LKM tidak menduga kalau masing-masing KSM mampu melakukan pengembalian sebelum limit waktu yang diberlakukan oleh LKM kepada KSM, namun hal itu ternyata membuat dugaan LKM tersebut tidak benar, hal itu dibuktikan dengan KSM mampu mengembalikan pinjaman mereka tersebut selama 10 bulan. “Pada perguliran pertama, kami LKM memberikan limit waktu pengembalian kepada KSM paling lama 1 tahun, dan KSM setuju. Awalnya kami khawatir kalau mereka tidak sanggup mengembalikan pinjaman mereka tepat waktu, ternyata kami salah, justru mereka mengembalikan pinjaman tersebut jauh lebih cepat dari limit waktu yang kami berikan”kata Bapak Legiman.

Dengan demikian pada tanggal 21 Maret  tahun 2017 ini LKM Hidayah mampu melakukan perguliran sebesar Rp 15 juta. Dan pinjaman terakhir yang baru saja diselesaikan berjumlah Rp. 2.000.000,- dan sekarang ( tanggal 6 Maret ) KSM menerima sebesar  Rp. 3.000.000,- .Karena mereka sudah mengembalikan dengan baik, maka kami selaku LKM akan menggulirkan dana tersebut kembali kepada mereka dengan meningkatkan jumlah pinjaman mereka. Meskipun jumlah peningkatan pinjaman yang kami lakukan tidak begitu besar, mudah-mudahan dana pinjaman tersebut bisa memberi manfaat dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kelurahan Sukaramai , terutama dalam hal perekonomian mereka” kata bapak Legiman.

Menurut ibu Kartina selaku anggota LKM menyatakan bangga terhaap kedisiplinan KSM-KSM ekonomi bergulir ini, karena sampai sekarang kami selaku LKM mampu mengembangkan pinjaman hamper rat ke warga kelurahan Sukaramai. Begitu pula ucapan terima kasih para anggota KSM kedondong yang menerima pinjaman “ walau pun seleksinya cukup ketat untuk sekarang ini, tapi kami terima karena iu sudah aturan dari LKM Hidayah. Dan kami bersyukur berkat uang pinjaman ini kami dapat mengembangkan usaha kami menjadi lebih maju lagi, lanjut ibu suwarti selaku ketua KSM.

Dokumentasi Foto :

 

 Ibu Suarti Menyerahkan Pinjamannya Yang Diterimanya Kepada Anggota KSM Kedondong  Dengan Memberikan Baju Seragam Anggota KSM Berupa Kaos

 

Ibu Suarti Menyerahkan Pinjamannya Yang Diterimanya Kepada Anggota KSM Kedondong  Dengan Memberikan Baju Seragam Anggota KSM Berupa Kaos

 

Ibu Suarti Menyerahkan Pinjamannya Yang Diterimanya Kepada Anggota KSM Kedondong  Dengan Memberikan Baju Seragam Anggota KSM Berupa Kaos

 

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silakan hubungi:

Contact Person:

Nama Ketua BKM                    :

Legiman

Alamat BKM/LKM                   :

Jl. Letn. Umar Baki Link. VI

Kelurahan                                 :

Sukaramai

Kecamatan                               :

Binjai Barat

Kab/Kota                                  :

Binjai

Telp/HP                                     :

082160556703