PELAKSANAAN AUDIT INDEPENDENT LKM

Penulis  : Anita S. Siregar (F-CD Tim 01 Binjai )

OC          : 1 Sumatera Utara

Secara umum tujuan atas Pelaksanaan Audit Independent PNPM adalah untuk memberikan penilaian dan rekomendasi terhadap pengelolaan Dana BLM dan Dana Bergulir oleh UPK serta memeriksa ada tidaknya tindakan penyalahgunaan dana. Oleh karena itu, audit keuangan perlu dilakukan secara rutin/periodik, semakin sering dilakukan semakin baik karena tindakan penyalahgunaan dana dapat diantisipasi sedini mungkin.

Proses audit independent diperlukan demi menjamin pencapaian tujuan program Kotaku, prinsip transparansi dan akuntabilitas menjadi hal yang utama dalam pengelolaan program. Untuk itu proses audit menjadi hal yang penting, dengan audit ini diharapkan dapat menjamin sistem, dan prosedur pengelolaan keuangan yang ada dapat dilakukan secara transparan dan akuntabilitas.

Pelaksanaan audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP)dana PNPM tahun anggaran 2016 yang dikelola oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Subur Kelurahan Tanah Seribu Kecamatan Binjai Selatan dilaksanakan pada tanggal 9 maret 2017 bertempat di Jl Sei Musi yang merupakan kantor LKM Subur Kelurahan Tanah Seribu.

Dalam pelaksanaan audit oleh KAP Meliana Pangaribuan dengan auditor Damenta Sembiring dan didampingi oleh Asisten Managemen Keuangan Rosari Girsang juga berlangsung unruk pelaksanaan kegiatan PNPM untuk Kelurahan Pujidadi (LKM Bina Sejahtera), Kelurahan Bhakti Karya (LKM Karya Indah), Kelurahan Tanah Merah (LKM Karya Bersama), Kelurahan Binjai Estate (LKM AL-Barokah), Kelurahan Rambung Dalam (LKM RADA), Kelurahan Rambung Timur (LKM Maju Bersama), Kelurahan Rambung Barat (LKM Lestari) dan Kelurahan Berngam (LKM Sejahtera Berngam).

Audit yang dilakukan oleh auditor independent merupakan salah satu syarat pencairan dana BDI tahun anggaran 2017, disamping pelaksanaan audit yang dlaksanakan oleh masyarakat melalui rembug wartga tahunan (RWT), hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab LKM sebagai pelaksana kegiatan PNPM di tingkat Kelurahan dan salah satu bentuk transparansi pelaksanaan kegiatan PNPM.

Dipilihnya LKM Subur sebagai tempat pelaksanaan kegiatan audit untuk 8 Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Binjai Selatan dan Kecamatan Binjai Kota karena sebagai LKM yang berkinerja dengan baik dan menyediakan tempat dengan sukarela. Audit yang dilaksanakan adalah audit dana perguliran yang dilakukan oleh Unit Pengelola Keuangan (UPK), serta dana kegiatan layang bersumber dari APBN dikelola oleh LKM.

Diharapkan dengan terlaksananya audit indendent ini kinerja UPK dan sekretariat LKM dapat lebih baik dalam penyusunan pembukuan setiap bulannya.

Dokumentasi

Pelaksaan Audit Independent di Jl.Sei Musi, LKM Subur Kelurahan Tanah Seribu

Contact Person :

Nama Koordinator LKM :

SUDARTI

Alamat LKM                   :

Jl. Sei Musi

 

Kelurahan                        :

Tanah Seribu

Kecamatan                      :

Binjai Selatan

Kota                                :

Binjai

HP                                   :

085361856968