KSM Paling OK

Penulis                       : SITI AISYAH, LKM

OC dan Alamat          : KMW 1, Kelurahan SukamajuKec. Binjai Barat Kota Binjai

 

Satria, Binjai Barat

            Merupakan salah satu kelurahan yang berada di tengah kota  yang tepatnya di kecamatan Bijai Kota. Kelurahan Sukamajujuga kelurahan yang berhasil dalam pengelolaan keuanganya yaitu dalam hal pengelolaan ekegiatan ekonomi bergulirnya tingkat pengembalian mencapai 80%, yang artinya kelurahan Sukamaju ini kelurahan yang tidak ada masalah sama sekali dalam hal pengembalian dari para peminjamnya yaitu kelompok-kelompok peminjam atau sering disebut dengan Kelompok swadaya Masyarakat (KSM).

LKM SUKMA LESTARI Kelurahan Sukamaju merupakan Kelurahan penerima dana REGULER Sejak Tahun 2009, dan melakukan kegiatan ekonomi bergulir yang bersumber dari dana REGULER tersebut pada bulan Desember tahun 2009 memiliki indeks pengembalian sebesar 80%. Hingga sampai tahun 2017 ini dan pada bulan juni tingkat pengembalian dari seluruh KSM peminjam adalah 80%, yang artinya tidak ada masalah dalam pengembalian. Hal ini terbukti pada tingkat pengembalian yang selalu tepat waktu yang dilakukan oleh KSM Cempaka.

KSM Cempaka merupakan KSM yang melakukan pinjaman bergulir dari awal berdirinya kegiatan ekonomi bergulir dengan nilai pinjaman pertama sebesar Rp 2 500.000,-  sampai sekarang mereka mendapatkan pinjaman senilai Rp 15 juta. KSM trsebut terdiri dari enam kepala keluarga yang berasal dari data PS2 yang diperoleh dari kegiatan siklus tahun 2008. Adapun nama ketua KSM Cempaka adalah ibu Ratna Wati yang memiliki usaha Klontong yang awal modal di terima dari nilai Rp 500.000, sekretaris ibu Leginem yang memiliki usaha Catering dengan nilai yang sama, bendehara ibu Nurhadiah Masnah dengan usaha Catering, anggota ibu liza Yanti dengan usaha klontong, ibu Sri Agustina dengan usaha Toperware dan ibu Yunita dengan usaha klontong.

Dari keseluruhan ibu-ibu ini merupakan anggota KSM yang bisa diacungkan jempol karena kedisiplinannya sehingga dapat meningkatkan nilai pinjaman mereka. Hal ini juga terbukti pada pengembalian pada bulan juli yang di setor tepat pada tanggal 5 yang dilakukan pada setiap bulannya.

M.R. Sembiring selaku koordinator LKM Sukma Lestari menjelaskan bahwa pada awal perguliran LKM Sukma Lestari memberikan limit waktu pengembalian kepada KSM selambat-lambatnya 10 bulan dengan pinjaman pertama sebesar Rp 500.000, dan masing-masing KSM menyetujui keputusan LKM dalam hal waktu pengembalian tersebut. Dari limit waktu yang ditentukan LKM kepada KSM awalnya. LKM tidak menduga kalau masing-masing KSM mampu melakukan pengembalian sebelum limit waktu yang diberlakukan oleh LKM kepada KSM tanpa ada yang terlamabat sama sekali. Awalnya kami khawatir kalau mereka tidak sanggup mengembalikan pinjaman mereka tepat waktu, ternyata kami salah, justru mereka mengembalikan pinjaman tersebut jauh lebih cepat dari limit waktu yang kami berikan, Begitu juga dengan KSM Cempaka yang selalu tepat waktu ”kata Bapak Alfuad Zuriadi yang biasa dipanggil bang Dedi.

Bang Dedi juga menjelaskan bahwa waktu perguliran pertama yang dilakukan oleh LKM kepada KSM yaitu pada bulan Desember tahun 2010, dan pada bulan oktober tahun 2011 KSM-KSM tersebut sudah mengembalikan pinjaman mereka seluruhnya (100%). Dikarenakan pengembalian pinjaman KSM-KSM tersebut dinilai baik, maka LKM akan melakukan perguliran kembali kepada KSM-KSM tersebut dan begitu pula dengan KSM-KSM lainnya di seluruh wilayah kelurahan Satria. Pada perguliran kali ini LKM memberikan pinjaman sebesar Rp. 53.000.000,- kepada KSM yang telah meminjam sebelumnya melalui seleksi yang cukup ketat. Dimana KSM ini merupakan KSM peminjam di regular yaitu KSM Boungevil, KSM KSM kemuning, KSM sedap malam dan KSM anggrek yang jumlah pinjaman pertama mereka sebesar Rp 500.000 meningkat menjadi Rp. 700.000, kemudian naik menjadi Rp. 1 juta. Dan pinjaman terakhir yang baru saja diselesaikan berjumlah Rp. 2.000.000,- dan sekarang ( tanggal 15 Maret) KSM menerima sebesar  Rp. 3.000.000,- .Karena mereka sudah mengembalikan dengan baik, maka kami selaku LKM akan menggulirkan dana tersebut kembali kepada mereka dengan meningkatkan jumlah pinjaman mereka. Meskipun jumlah peningkatan pinjaman yang kami lakukan tidak begitu besar, mudah-mudahan dana pinjaman tersebut bisa memberi manfaat dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kelurahan Sukamaju, terutama dalam hal perekonomian mereka” kata Bang Dedi.

Foto Ketua KSM Memberingan Angsuran Kelompok KSM Nya

Kepada UPK Sukma Lestari

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silakan hubungi:

Contact Person:

 

Nama Ketua BKM/KSM:

Alfuad Zuriadi

Alamat BKM/KSM:

Jl.  Lintas Sukamaju   No.   Kel.Sukamaju Kec.Binjai Barat

Kelurahan:

Sukamaju

Kecamatan:

Binjai Barat

Kab/Kota:

Binjai

Telp/HP:

085261076807