Bansos Jasa UPK Kembali Disalurkan

Penulis                      : Andika Danasari  Sijabat

OC dan Alamat        : 1 Sumut , Jl. Ir. Juanda 1 No.25 Binjai Timur

 

Istilah Kumuh merupakan Kata-kata yang sangat populer saat ini dimana pemerintah saat ini dengan program kerja NAWACITA nya sedang menggalakan program 100-0-100 dimana 0 nya adalah 0% kumuh ditahun 2019 nantinya. Hal tersebut merupakan Target yang harus dicapai oleh pemerintah sekarang. Untuk mencapainya diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Sehingga pengurangan kumuh dapat dicapai ditahun 2019. Menurut UU No. 1 Tahun 2011 dan Permen No. 2 tahun 2016 penangan kumuh dapat dilakukan dengan dua pola yaitu pola pencegahan dan penanganan. Untuk pengolahan pencegahan terbagi kepada pengawasan pengendalian dan pemberdayaan masyarakat, sedangkan penangan terbagi kepada pemugaran, pemerajaan dan pemukiman kembali. Pemberdayaan masyarakat dalam pola pencegahan merupakan tugas para kelompok peduli yang menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat sehingga peduli dan mau turut andil dalam penanggulagan kumuh. Salah satu bukti pemberdayaan masyarakat dalam hal penanggulangan kumuh adalah sebagaiman yang dilakukan salah satu LKM yang berada di Kota Binjai Kecamatan Binjai Timur.


Di saat sekarang ini di mana semua orang baik itu sulit ditemui, baik kalangan atas yang tidak pernah mau tau penderitaan orang miskin
dengan adanya program KOTAKU yang dulunya PNPM MP, mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama, dari mulai masyarakat biasa sampai PEMDA setempat dalam mengatasi masalah yang dapat menyebabkan kumuhnya satu kawasan. Di kota Binjai khususnya yang merupakan salah satu kota yang terdapat di Propinsi Sumatera Utara masih banyak terlihat masyarakat yang berdomisili di kelurahan-kelurahan dengan kondisi rumah yang tidak layak huni, drainase yang buruk sehingga mengakibatkan terjadinya banjir. Kalaulah hal tersebut dibiarkan maka akan mengakibatkan semakin buruknya kondisi masyarakat Indonesia yang nantinya akan menimbulkan ketidak percayaan atau hal buruk lainnya.

Dengan keberhasilan LKM dan UPK Maju Bersama Kelurahan Tunggurono Kecamatan Binjai Timur dengan memperoleh laba akhir tahun, Tahun ini LKM Maju Bersama kembali mencoba untuk meluncurkan  bantuan sosial yang berasal dari jasa UPK LKM Maju Bersama, ditahun 2016 LKM Maju Bersama mengadakan Bantuan Sosial untuk anak penderita penyakit hidro sefalus dan bantuan bencana puting beliung, ditahun ini LKM Maju Bersama Merencanakan kembali untuk membantu warga Cacat dan Jompo  dengan memberikan bantuan sembako telur, minyak, gula dll, disamping itu agar pengembalian pinjaman lancar terus menerus, LKM Maju Bersama menyeleksi KSM terbaik yang 3 kali peminjaman dengan pengembalian tanpa macet sedikitpun, Terpililah 3 KSM terbaik untuk tahun 2017. Sebelum LKM memutuskan melakukan Bantuan sosial kepada Jompo dan Cacat Mereka mengadakan Rapat LKM membahas mengenai kegiatan apa yang akan di buat dan berapa dana dari jasa UPK yang akan dipakai dengan melihat Anggaran Rumah Tangga. Dengan melewati dua kali rapat LKM dengan fasilitator maka LKM memutuskan melakukan bantuan sosial cacat dan jompo, serta memberikan penghargaan kepada KSM yang terbaik berupah sovenir payung berlogo KOTAKU agar memacu KSM yang lain berlombah- lombah untuk menjadi KSM terbaik.

Pada tanggal 10 Maret 2017 bertempat di Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur LKM Maju Bersama mengadakan kegiatan Bantuan Sosial bagi Masyarakat Jompo, Cacat dan memberikan sovenir payung berlogo KOTAKU kepada KSM terbaik,  hal tersebut dilakukan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga dapat menanggulangi kumuh dalam bidang ekonomi dan sosial, dana yang dipakai bersumber dari pembagian laba akhir tahun yang dialokasikan UPK LKM Maju Bersama sebesar Rp. 22.000.000, saat pembangian bantuan kegiatan sosial, selain Babinsa, Lurah, Polmas salah satu yang diundang yang selalu memberi masukan dan motifasi adalah bapak Koorkot 3 KOTAKU Kota Binjai Rahamat Syarif. Yang memberikan kata sambutan yang menginspirasi LKM  dan UPK dalam memajukan kegiatan ekonomi, sosial dan infrastruktur dikelurahan Tunggurono.

 

           Nama LKM    :

Rapiah Dewi

           LKM               :

Maju Bersama

Kelurahan      :

Tunggurono

Kecamatan     :

Binjai Timur

Kab/Kota        :

Binjai

Telp/Hp          :

0813-7087-9441